Jumat, 04 Februari 2011

Andai Aku Bento…



Pernah denger lagu bento? salah satu lagu iwan fals yang membuat iri banyak orang. beatnya asyik dan liriknya menggelitik. Lagu ini menceritakan tentang Nikmatnya menjadi seorang billionaire. Bento si Billionaire.

Intinya kalau aku jadi Bento, aku akan sekolah setinggi-tingginya, menjelajah dunia, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan memakai hartaku untuk menunjang masa depanku. beli buku, beli laptop canggih, ipad buat baca e-book, sekolah yang jauh ke luar negeri, kursus bahasa asing, double degree dll. Niscaya akan kupenuhi segala item-item penunjang masa depan dan impianku. huuhhh….

Sayangnya Allah tidak memberikannya padaku (belum lebih tepatnya). Dan Aku hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala ketika melihat teman-temanku yang memiliki porsi uang berlebih tak memanfaatkan dengan baik apa yang dimilikinya. Uang terbuang percuma, studi tak maximal, dan tak pernah sadar akan sulitnya orang-orang yang mempunyai mimpi besar namun tak mendapatkan kesempatan untuk meraihnya hanya karena masalah money…

Lagi-lagi Money, memang benar kata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bahwa landasan Negara kita adalah Pancasila dan UUD, Pancasila: Pandai Cakap dan Silat lidah dan UUD: Ujung-Ujungnya Duit. Bukan bermaksud melecehkan dasar negara, tapi sayang kalau nilai-nilai pancasila dan UUD yang sangat indah itu hanya dipelajari di sekolah dan kuliah, tapi tak teraktualisasi dalam dunia nyata. Sekarang kita lihat, semua orang bersilat lidah, gak di TV, di pasar, Di penjara, di Pengadilan, dan dimana aja dah orang-orang pada ngebret gak jelas yang semuanya berpatok pada UUD, alias Ujung-Ujungnya Duit.

Komersialisasi pendidikan? Kenapa pendidikan gak gratis aja ya? supaya semua orang bisa bersekolah dan merubah hidupnya. Saya rasa pendidikan adalah kunci untuk memajukan sebuah negara. Dengan pendidikan, mindset dan cara berpikir orang akan berubah. Makanya gak heran kalau negara kita hanya jadi Negara Berkembang terus-menerus dari zaman kapan (alias gak maju-maju), karena pendidikan memang jadi kendala utama bagi warga negara.

#Lagi Galau masalah studi dan akhirnya nulis gak jelas kayak gini.

beyond my reach, just pray and Hope Allah will give me a miracle. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar