Rabu, 13 Oktober 2010

Rahasia Awet Muda Sampe Tua Tetep Kinyis-Kinyis


Berawal dari ketidaksengajaan setelah membaca link yang dikasih temen (sebut saja adwin/bunga) tentang seorang dokter yg lg PTT, eh dapet ilmu bagus ni tentang neuroscience yang katanya ilmu paling brilian dan misterius di dunia kedokteran...

Ada sebuah penelitian di Jepang yang meneliti tentang prefrontal cortex, meneliti tentang otak orang-orang yang pada masa tuanya masih energik, tidak pikun, dan bersemangat. Ditemukan bahwa cortex prefrontal mereka jauh lebih berkembang dan tidak menyusut. Ada banyak resep, tapi salah satunya adalah: “always take new challenge n try something new”.

Scanning pada aktivitas otak menunjukkan bahwa ketika kita menemui sesuatu yang baru maka ini akan mengaktifkan koneksi cortex prefrontal-cortex memory-cortex asosiasi (temporoparietal), begitu terus menerus setiap menemui hal yang baru sehingga otak kita dari depan mpe belakang tidak “menyusut”. Berbeda dengan orang yang melakukan hal-hal itu saja, maka yang sudah tersimpan di pusat memory-nya di hipokampus n cortex asosiasi tinggal dikirim ke cortex2 eksekutor. Yang laen kagak kepake lagi.

Saya baca lagi sumber-sumber yang lain menjelaskan bahwa begitu pula yang terjadi dengan sinaps-sinaps antar neuron yang ketika tidak dipakai, maka lama-kelamaan sinaps-sinaps tersebut akan dimatikan melalui proses apoptosis, sehingga orang-orang yang tidak mau berfikir, jarang mencoba hal-hal yang baru akan lebih cepat mengalami penurunan jumlah sinap-sinaps dan neuron sehingga otaknya pun lebih cepat menyusut. Hal sebaliknya terjadi pada orang-orang yang lebih sering menggunakan otaknya untuk berfikir, menemui hal-hal baru pada saat tuannya akan terhindar dari kepikunan, dementia, dan sinaps2nya pun masih banyak sehingga kemampuan otak tetap terjaga. Aktivitas pun tidak menurun.

Selamat mempraktekkan sahabat-sahabat pejuang buat yang mau otaknya gak menyusut lebih cepat, saat tua masih sehat, gagah, ganteng, cantik, gaul, kinyis-kinyis, klimis n kagak pikun...hahaha
Ini kuncinya:
“always take new challenge and try something new”
Semoga sehat dan enerjik slalu hingga hari tua kelak. amin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar