Jumat, 19 Agustus 2011

Share Pengalaman Ikut Summerschool


Summerschool adalah program short course yang ditawarkan pada musim panas (biasanya antara Juni-Agustus) oleh universitas2 di Eropa, Asia, Amerika maupun Afrika, lama coursenya sekitar 1-2 minggu tergantung dari program yag ditawarkan. Program yang ditawarkan tergantung dari university host yang menyelenggarakan, misal pediatric, neurology, surgery, cardiology, global health dan lain-lain. Biaya summercourse berkisar antara 150 - 500an euro (mungkin ada yang lebih mahal atau murah tergantung lamanya course).

Cara mendaftar :
1. kunjungi website universitas yang mengadakan summerschool.

2. kirim sebuah email ke alamat email sekretaris summerschool yang pasti tertera di web univ yang menawarkan summerschool. isinya menyatakan bahwa anda tertarik untuk mengikuti program yang ditawarkan, sebutkan asal institusi dan tanya syarat apa saja yang harus saya berikan. tunggu email balasan.

3. Setelah mendapat balasan, biasanya kita disuruh mengisi form dan megirimkan motivation letter (dalam bahasa inggris) dan biasanya disuruh membuat riwayat hidup singkat. Tulis hal2 yang menguatkan anda utk diterima, misal anda mendaftar program shortcourse surgery, ketika ada menjelaskan anda seorang asisten anatomy maka anda akan lebih dipertimbangkan. tapi jangan berbohong, lebay dikit gapapalah. hehe. (sekali lagi tergantung jenis program yg diambil)

4. biasanya anda akan mendapat email balasan 1-2 minggu,setelah aplikasi anda dipertimbangkan oleh summerschool comitte dan anda akan mendapat email pemberitahuan bahwa anda diterima atau tidak. kalau anda diterima, syarat2 yg diperlukan diantaranya:
a. scan paspor
b. scan id card (KTP dan KTM)
c. Surat keterangan anda studi di semester berapa dari fakultas (dalam bahasa Inggris)
d. health insurance
e. pembayaran fee summerschool via transfer bank
f. mungkin ada yang minta sertifikat toefl (jadi siap2 aja)

5. setelah seluruh data anda dikonfirmasi dan lolos seleksi, anda akan dikirimi invittation letter dari universitas yang menyelenggarakan summerschool.

6. perjuangan anda berlajut untuk pengurusan visa. modal anda utk mengurus visa adalah invittation letter dr Univ yang mengundang anda.

7. kunjungi web kedutaan besar yg anda tuju (googling)dan penuhi persyaratan yag dimita oleh embassy. perlu diketahui tingkat strict pengurusan visa tergantung embassy yang anda tuju.

8. Saat pengurusan visa biasanya diminta menunjukkan bukti booking tiket pesawat, jadi silahkan booking tiket dulu. urus visa 2 bulan sebelum keberangkatan, supaya anda santai dan tidak terlalu terburu2. lama pengurusan visa :2 minggu-1 bulan tergantung embassy yang anda apply.

Perkiraan biaya:
1. fee summerschool: 150-500an euro
2. biaya tiket: tergantug tujuan, kalau Belanda atau Belgia sekitar 900-1500 euro, maskapai turki dan timur tengah lebih murah.
3. biaya visa : 750 ribu (visa Belgia, kalau visa yang lain mungkin tak jauh berbeda)
4. health insurance: 400-500 ribu (tergantung jumlah hari)
5. biaya tambahan lain buat jalan2 dll. Kan sayang kalau gak jalan2 dah jauh2 dgn tiket pesawat yang mahal. hehe

Anda harus pinter2 nyari sponsor ke Pemda, fakultas, atau perusahaan2 yg potensial, yah mentok2 yayasan ayah bunda alias minta ortu..hehe.
ada cerita dari seorang teman yag mendapat sponsor dari seorang calon bupati di suatu daerah..hehe..jadi berinovasilah sendiri. sukses...

kalau kesulitan silahkan hubungi HUBLU ismki, maka dgn senang hati akan dibantu oleh Regional coordinatornya yg top abis. ni linknya : http://hubluismki.wordpress.com/category/the-super-team-hublu-magnum/

di web hublu ISMKI ini selalu update tentang info2 event kedokteran international, ga cuma summerschool, ada banyak info conference juga disini. jadi sering2 update info disini. Salut buat Hublu Ismki.

ini ada beberapa info web langsung ke universitas yang menyelenggarakan summerschhol. Have a look, succes for everything that you dreaming.
1. surgery summercamp Romania: http://www.sscr.ro/index.php?q=en/ssc_en
2. The EMSA Summer School 2011 : Infectious Diseases in 21st century Turkey : www.emsa-ss.com
3. Chance Internship in SUDAN : STEP 2011 : medsin.step@gmail.com . sudanstep@yahoo.com
4. Medical Sciences Summer School Pediatrics.Groningen, Nedherland : http://www.rug.nl/umcg/informatievoor/studenten/summerschools/pediatrics/index
5. Summerschool Health and Migration Ghent Belgium 2011 :www.summerschool.ugent.be
6. Hiroshima summerschool :http://hiroshima-summer-school.blogspot.com/
untuk info2 lebih lanjut sering2 kunjungi web hublu ismki, link yang saya kasih kan udah lewat semua kegiatannya jadi sering2 update info di web hublu ismki yah. sukses.

kalau ada yang mau ditanyakan silahkan lewat comment atau email ke erwin_ariatjeh@yahoo.co.id . dont hestitate to contact me, nice to share.

Best Regards,
Erwin Aritama
Faculty Of medicine, Islamic University of Universitas


4 komentar:

  1. nice brother..
    erwin untuk biaya total habisnya berapa?? trus presentase antara uang pribadi dengan uang sponsor berapa persen den bagus..???

    BalasHapus
  2. kemaren saya habis 19 juta mas, dana pribadi saya 40%. hehe. mahalnya di tiket pesawat mas, karena mepet bayarnya karena visa saya telat baru keluar H-1 keberangkatan, jd saya beli tiket H-1. sempet hopeless kemaren. tiketnya saya kena 1365 dolar, sekitar 12 juta + tiket jkt-jogja pp : 1,3 juta. jadi tiketnya aja dah 13,2 juta. klo apply visanya jauh2 hari mgkn bs dpt tiket di harga 800-900 dolar. fee summerschool Ghent University saya kemaren 325 euro.

    BalasHapus
  3. Mas, saya tertarik membaca postingan dari anda. Apakah untuk summerschool sendiri ada persyaratan yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa Jerman nya ?

    Oh ya, saya juga mahasiswa UII. Senang rasanya mendengar ada saudara satu almamater bisa mendapatkan summerschool di Jerman. Semoga saya bisa secepatnya menyusul seperti mas :)

    BalasHapus